19 Mar 2012

METODE KERJA BEKISTING KOLOM DAN DINDING

1. Buat garis sipatan batas beton kolom pada lantai beton tempat bekisting kolom akan didirikan.

2. Pastikan semua pembesian berada di dalam garis  sipatan dan memiliki selimut beton, sesuai spesifikasi struktur, serta sudah terpasang “beton decking” yang memadai.

3. Untuk dinding yang cukup panjang dan kolom yang besar (60X60 cm keatas) perlu dipasang sepatu dinding/kolom di setiap sudut dengan bahan siku besi. Beton dengan mutu dinding/kolom ini berfungsi untuk menjaga agar tumpuan bekisting di lantai beton tidak bergeser dari sipatan batas, pada saat disetel.

4. Pemilihan sistem modul bekisting dinding/kolom disesuaikan menurut masing-masing PQP (sistem konvensional, sistem steel wale & girder PERI, sistem modifikasi PERI, dll).

5. Semua bidang dalam plywood bekisting dinding (kolom harus diolesi minyak bekisting/mould oil sebelum didirikan.

6. Pemeriksaan kembali instalasi M&E yang tertanam pada dinding/kolom seperti Conduit, sparing, “T” dus sebelum bekisting ditutup.

7. Setelah bekisting kolom ditutup, semua sarana perkuatan bekisting seperti Tie rod, Form Tie, Steel wale dan Adjustad support dipasang.

8. Pastikan kelurusan bidang bekisting dinding/kolom dengan bantuan unting-unting, waterpas dan alat ukur.

9. Setelah bekisting terpasang baik, buat sipatan (atau tanda dari paku) untuk batas/level pengecoran di sisi atas bekisting dinding/kolom.